Senin, 26 Agustus 2013

SEPUTAR BATU PERMATA

Nama Nama Batu Permata
Nama-nama batu Permata yang sangat Populer perlu kita ketahui, siapa tahu dapat memberikan rejeki yah hehehehe ….. antara lain : opal, saphir, kecubung, citrine, zamrud/emerald, pirus/turquise, moonstone, topas, sulaeman dan lain sebagainya.


Cara Membedakan Batu Permata Yang Asli
Untuk membedakan batu asli atau bukan, perlu diketahui bahwa di Pasar batu Permata ada istilah Natural, Sintetis dan Imitasi.

NATURAL
Adalah batu permata yang terbuat secara alami oleh Alam, batu ini diperoleh secara alami kemudian dibentuk sebagai batu permata.

SINTETIS
Adalah batu permata yang dibuat secara Laboratorium, bahan materialnya sama dengan batu yang Natural atau origin. Berat jenis maupun karakteristik fisik nya sama. Ada juga batu Sintetis yang berasal batu Natural yang kurang bagus kemudian dilebur dipadatkan lagi menjadi batu permata.

IMITASI
Kalau batu Imitasi berbeda sama sekali dengan yang Asli, batu ini hanya tiruan saja. misalnya meniru warnanya. Kadang-kadang juga terbuat dari plastik.

Dengan mengetahui kriteria di atas kita dapat membedakan bahwa batu tersebut apakah Asli / Natural / origin atau hanya Sintetis atau bahkan Imitasi.

Ada beberapa cara untuk membedakannya :
  1. Batu permata Asli diketahui dengan melihat serat-serat di dalamnya. Serat-serat inilah yang merupakan ciri khusus batu, Sebagian orang awam mengira bahwa batu asli itu pecah, tapi sebenarnya hanya serat-serat alami batu. Jarang sekali ditemukan batu permata alam yang bersih tanpa serat. 
  2. Cara kedua adalah dengan melihat fenomena yang ada pada batu permata. Misalnya Star atau Bintangnya, biasanya pada batu safir atau ruby terdapat star yang jelas. Biasanya dinamakan Fenomena.  
  3. Berat Jenis, Batu permata umumnya  besar dan tidak terikat perhiasan, kita dapat menguji keasliannya dengan mencari berat jenisnya, berat jenis dapat membedakan batu yang satu dengan yang lainnya. Atau Coba bandingkanlah permata asli dan tiruan, pasti permata asli lebih berat dari permata palsu.

Batu Permata Alami atau Sintetis ???
Anda kolektor atau penggemar batu permata ??, Kalau ya hati-hati dalam membeli batu permata karena banyak batu tiruan yang beredar di pasaran,  bahkan banyak pula batu tiruan yang terbuat dari gelas atau plastik.

Berikut ciri-ciri batu permata Alami dan batu Permata Sintetis.

Batu Permata Alami
  1. Warna biasanya terlihat tidak merata.
  2. Gosokan atau Bentuknya tidak sempurna, biasanya penggosok mengikuti bentuk asal saat ditemukan agar beratnya maksimal.
  3. Terdapat serat atau inklusi yang acak.
Batu Permata Sintetis
  1. Warna Artificial atau warna buatan yang merata bahkan terkesan berasal dari zat pewarna buatan.
  2. Kualitas gosokan atau kualitas bentuknya nyaris sempurna.
  3. Permata yang Transparan biasanya tidak terlihat serat sama sekali.

Nah itulah perbedaan antar batu permata yang Asli (alami) dengan batu sintetis (buatan), jangan keliru lagi yah ? Berdasarkan Survey batu permata yang beredar kebanyakan Sintetis bahkan ada yang terbuat dari  plastik atau kaca, waspadalah sebelum membeli.


KING SAFIR
King Safir sangat dikenal oleh para pecinta batu permata, batu permata jenis ini adalah type dari permata Sintetis, artinya dibuat dilaboratorium bukan terbentuk secara alami. Biasanya batu permata ini terbuat dari batu safir asli kemudian dipanaskan hingga mencair kemudian dibekukan.

Bahan material penyususunnya sama antara yang natural dengan yang Sintetis, sehingga bila diuji dengan alat elektronik tidak bisa dibedakan, hanya serat seratnya yang membedakan. 

King safir akan terlihat lebih jernih birunya dan merata, Jika dilihat dengan alat pembesar akan terlihat adanya gas burble atau gelembung gas.

Walaupun bahan dasar penyusunnya sama AL2 o3 , King safir harganya lebih murah daripada yang Natural. Karena king Safir harganya lebih murah dari yang Natural maka sebelum Anda membeli perlu dikenali batu yang Anda beli apakah Natural atau Sintetis.


Semoga Bermanfaat.

Comments
0 Comments

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Yang belum punya ID gunakan " Anonymous " untuk memberi komentar.

Posting Lebih Baru Posting Lama Beranda