Perintis Jam’iyyah Ahlith Thoriqoh Al-Mu’tabaroh di Indonesia
Syeikh K.H Muslih Abdurrahman adalah ulama allamah yang pernah mengasuh pon-pes Futuhiyyah Mranggen sejak tahun 1936-1981 Masehi. Beliau sangat berjasa dalam mengembangkan dan membesarkan pon-pes Futuhiyyah Mranggen brkat fodlol dan rahmat Allah s.w.t hingga dapat melahirkan banyak kiai dan ulama yang terbesar di Jawa khususnya di Indonesia umumnya.
Syeikh K.H Muslih Abdurrahman adalah ulama allamah yang pernah mengasuh pon-pes Futuhiyyah Mranggen sejak tahun 1936-1981 Masehi. Beliau sangat berjasa dalam mengembangkan dan membesarkan pon-pes Futuhiyyah Mranggen brkat fodlol dan rahmat Allah s.w.t hingga dapat melahirkan banyak kiai dan ulama yang terbesar di Jawa khususnya di Indonesia umumnya.
Dan Beliau berjasa pula dalam menyebarkan thoriqoh Qodiriyyah wa Naqsyabandiyyah di Jawa / Indonesia, hingga melahirkan banyak Kiai dan Guru Mursyid Thoroqoh tersebut. Disamping berjasa sebagai salah seorang pendiri dan salah seorang Ro’is Jam’iyyah Ahlith Thoriqoh Al-Mu’tabaroh di Indonesia yang di kenal sekarang dengan jam’iyyah ahlith Thoriqoh Nahdriyyah itu beliau juga ikut aktif mengembangkan dan membesarkan Jam’iyyah tersebut hingga akhir hayat pada tahun 1981 Masehi.
Oleh karena itu beliau dapat disebut sebagai Abul Masyayekh dan Syeikhul Mursyidin. Ghofarollohu wa Rohimah wa Qoddasallohu Asroroh wa yamidduna bi asrorihi wa barokati wa ulumihi wa karomatihi wa maunatihi wa syafa’atihi wa jami’i ahli silsilatihim wa usuluhim wa yulhiquna bihim fi khoirin wa sa’adatin wa salamah. Allahumma amiin.
Beliau
berjasa pula dalam mengusir penjajah Belanda dan Jepang, baik anggota
lasyikar hizbulloh yang berlatih kemiliteran bersama Syeikh K.H Abdulloh
Abbas Buntet Cirebon dalam satu regu di Bekasi Jawa Barat dan menjadi
komando pasukan sabilillah yang beranggotakan para kiai/ulama’ di
wilayah Demak selatan atau front Semarang wilayah Tenggara.
Beliau wafat dan di makamkan di ma’la Makkah al Mukarromah di pemakaman yang kebetulan berdampingan dengan makam Sayyidatina Asma’ binti Sayyidina Abu Bakar Ash-Shiddiq r.a, dekat/di depan kompleks makam Sayyidatina Khodijah r.a, istri Rosulillah s.a.w. Jama’ah haji Indonesia dari Mranggen dan Demak banyak yang ziarah kepada beliau dengan bantuan mukimin setempat.
Beliau wafat pada bulan syawal 1981 Masehi, dengan mewariskan pon-pes Futuhiyyah yang besar untuk di lestarikan dan di kembangkan lebih lanjut. Dan Al-hamdulillah pon-pes Futuhiyyah Mranggen tetap lestari dan berkembang hingga saat ini. Semoga demikian seterusnya hingga akhir masa.Allahumma amiin.
I. Identitas Diri dan Keluarga
Syeikh K.H
Muslih bin Syeikh K.H Abdurrohman dan Hj. Shofiyyah, asli/kelahiran
suburan Mranggen Demak,pada tahun 1908 Masehi. Beliau adalah adik
kandung dari Syeikh K.H Ustman bin Syeikh K.H Abdurrohman.
Silsilah Syeikh K.H Muslih
Dari Ayah :
Muslih bin
Abdurrohman din Qosidil haq bin R. Oyong Abdulloh Muhajir bin Dipo
Kusumo bin P.Wiryo Kusumo / P.Sedo Krapyak bin P.Sujatmiko atau Wijil II
/ Notonegoro II bin P. Agung atau NotoProjo bin P.Sabrang bin P. Ketib
bin P. Hadi bin K. S. Kali jogo,hingga Ronggolawe adipati Tuban I atau
Syeikh Al-Jali / Syeikh Al-Khowaji, yang berasal dari Baghdad keturunan
Saayyidina Abbas r.a paman Rasulullah s.a.w.
Dari Ibu :
Muslih bin
Shofiyyah binti Abu Mi’roj wa binti Shodiroh hingga bersambung pada
ratu Kalinyamat binti Trenggono Sultan Bintoro Demak II bin Sultan
Bintoro I / R. Fatah bin R. Kertowijoyo / Darmokusumo Brawijaya I Raja
Majapahit.
Ratu Kalinyamat istri Sultan Hadliri yang berasal dari Aceh dan menjabat sebagai adipati Bintoro Demak di Jepara. Sedangkan istri Sultan Trenggono adalah puteri K. S Kalijogo dan istri Sultan Fatah / Ibu Sultan Trenggono adalah putri K.S Ampel Surabaya, Dzuriyyah Rasulullah s.a.w.
Ratu Kalinyamat istri Sultan Hadliri yang berasal dari Aceh dan menjabat sebagai adipati Bintoro Demak di Jepara. Sedangkan istri Sultan Trenggono adalah puteri K. S Kalijogo dan istri Sultan Fatah / Ibu Sultan Trenggono adalah putri K.S Ampel Surabaya, Dzuriyyah Rasulullah s.a.w.
Syeikh K.H Muslih Abdurrahman menikah dengan Nyai Marfu’ah binti K.H Siroj dan berputra :
1. Al-Inayah, istri Syeikh K.H. Mahdum Zein.
2. K.H. M.S. Luthfi Hakim Muslih Bc.Hk sebagai pengasuh utama I pon-pes Futuhiyyah sejak tahun 1971 Masehi.
3. Faizah, istri Syeikh K.H. Muhammad Ridhwan.
4. K.H Muhammad Hanif Muslih L.c sebagai pengasuh utama II pon-pes Futuhiyyah sejak tahun 1985 Masehi.
5. Putra-putra lainnya meninggal sejak kecil.
1. Al-Inayah, istri Syeikh K.H. Mahdum Zein.
2. K.H. M.S. Luthfi Hakim Muslih Bc.Hk sebagai pengasuh utama I pon-pes Futuhiyyah sejak tahun 1971 Masehi.
3. Faizah, istri Syeikh K.H. Muhammad Ridhwan.
4. K.H Muhammad Hanif Muslih L.c sebagai pengasuh utama II pon-pes Futuhiyyah sejak tahun 1985 Masehi.
5. Putra-putra lainnya meninggal sejak kecil.
Setelah
Nyai Marfu’ah wafat tahun 1959 Masehi, Syeikh K.H. Muslih Abdurrohman
menikah lagi dengan Nyai Mu’minah Al-Hafidhoh / Al-Hamilah bin K.H.
Muhsin ( ayah K.H. Muhibbin Al-Hafid, pengasuh pon-pes Al-Badriyyah
Mranggen ) dan berputra :
1. Qoni’ah istri K.H. Masyhuri, B.A.
2. Masbahah, istri Syeikh K.H Abdurrahan Badawi / Syeikh Dur.
1. Qoni’ah istri K.H. Masyhuri, B.A.
2. Masbahah, istri Syeikh K.H Abdurrahan Badawi / Syeikh Dur.
Setelah
Nyai Mu’minah wafat pada tahun 1964 Masehi, Syeikh K.H Muslim
Abdurrahman menikah lagi dengan Nyai. Sa’adah binti H. Mahhmud,
Randusari Semarang sampai sekarang beliau masih hidup, semoga thowil
umur allah husnil khotimah fi tho’atillah fil alwi wal afiyah wassalamah
was sa’adah fi daruun-min fadllillah wa rohmatillah Allahuma
amiin.Begitu pula keluarga dan dzuriyyah syeikh K.H muslih, bani
Abdurrohman dan para santri dan alumni pon-pes Futuhiyyah Mranggen dan
cabang- cabangnya, para muhibbin beliau beliau erikut para pejuang Fi
Sabillillah termasuk K.Habdurrahman Wahid (GUS Dur Presiden R.I ) dan
keluarga masing-masing. Allahumma amiin.
II. PENDIDIKANNYA
Pendidikan Syeikh K.H. Muslih bin Abdurrahman, diperoleh dari :
1. Belajar pada orang tua sendiri, yaitu Syeikh K.H. Abdurrahman bin Qosidil Haq.
2. Belajar di pondok pesantren termasuk madrasahnya Syeikh K.H. Ibrohim Yahya Brumbung Mranggen, disamping belajar pula saat pergi Haji bersama beliau.
3. Belajar di pondok pesantren Mangkang kulon.
4. Belajar di pondok pesantren Sarag Rembang milik Syeikh K.H. Zuber dan Syeikh Imam, disini beliau sambil belajar / santri kalong kepada Syeikh K.H Maksum, Lasem Rembang.
5. Belajar-mengajar di pondok pesantren Termas Pacitan.
6. Belajar ilmu thoriqoh dan bai’at mursyid di banten yaitu Syeikh Abdul Latif Al- Bantani
7. Belajar kepada Syeikh Yasin Al-Fadani Al- Makky di Mekah.
8. Belajar ilmu Ekonomi dan dagang.
9. Belajar ilmu kemiliteran.
1. Belajar pada orang tua sendiri, yaitu Syeikh K.H. Abdurrahman bin Qosidil Haq.
2. Belajar di pondok pesantren termasuk madrasahnya Syeikh K.H. Ibrohim Yahya Brumbung Mranggen, disamping belajar pula saat pergi Haji bersama beliau.
3. Belajar di pondok pesantren Mangkang kulon.
4. Belajar di pondok pesantren Sarag Rembang milik Syeikh K.H. Zuber dan Syeikh Imam, disini beliau sambil belajar / santri kalong kepada Syeikh K.H Maksum, Lasem Rembang.
5. Belajar-mengajar di pondok pesantren Termas Pacitan.
6. Belajar ilmu thoriqoh dan bai’at mursyid di banten yaitu Syeikh Abdul Latif Al- Bantani
7. Belajar kepada Syeikh Yasin Al-Fadani Al- Makky di Mekah.
8. Belajar ilmu Ekonomi dan dagang.
9. Belajar ilmu kemiliteran.
Dari hasil
pendidikannya tersebut Syeikgh K.H.Muslih bin Aburrahman termasuk
Ulama’ Allamah Ahli ilmu-Kalam Bahasa Arab (Nahwu, Shorof, Balaqhoh,
hingga ilmu Mantiq dan Arudh) Ahli Ilmu-Klam /Tauhid., Ahli Ilmu
Tasawwuf –Ahli Ilmu Thoriqoh Mu’tabaroh hingga ahli pula dalam Ilmu
Kepemimpinan Ilmu Kependidikan, Ilmu Siasah, Ilmu Hikmah Ilmu Jihad fi
sabillillah termasuk Ilmu Kemiliteran. Oleh ksrns itu beliau sangat
pantas menjadi Guru Mursyid Thoriqoh Qodiriyyah wa Naqsyabandiyyah
Bahkan menjadi Syeikhul Mursidin atau guru para mursyid, sebab beliau
telah memenuhi peryaratan sebagai guru Guru Mursyid sebagai mana yang
dianjurkan oleh syyaidina Syeikh Abdul Qodir Al –Jaelani, r.a, yang mana
seorang mursyid itu seharusnya :
1. Memiliki Ilmu Ulam’ ( Ahli Agama Islam )
2. Memiliki Ilmu Siasah ( Politik Pemerintahan ).
3. Memiliki Ilmu Hikmah ( Kebijaksanaan Ahli Hukum Islam ).
1. Memiliki Ilmu Ulam’ ( Ahli Agama Islam )
2. Memiliki Ilmu Siasah ( Politik Pemerintahan ).
3. Memiliki Ilmu Hikmah ( Kebijaksanaan Ahli Hukum Islam ).
Syeikh
K.H. Muslih teryata belajar dan mengajar sebagaimana tersebut dalam
manaqib As-Syeikh Abdul Qodir Al-Jaelani r.a, yaitu Tafsir dan ilmu
Tafsirnya, Hadist dan ilmu Muthola’ah Hadistnya ilmu fiqh dan
Hilafayahnya, ilmu Usuluddin ( ilmu kalam ) dan ilmu Ushulul Fiqh, ilmu
Qiro’ah / Tawid, ilmu Nahwu, ilmu Shorof, ilmu Ma’ani, ilmu Bayan Badi’,
ilmu arudl, ilmu Qowafi, ilmu Matiq dan ilmu tasawwuf / ilmu Thoriqoh.
Ilmu – ilmu tersebut semuanya diajarkan di pon-pes madrasah, kecuali
ilmuthoriqoh / ilmu Tasawwuf. Disamping ilmu-ilmu tersebut Syeikh K.H.
Muslih Abdurrohman diwaktu mudanya juga rajin belajar ilmu-ilmu
kanuragan dan ketabitan Islamy maupun do’a-do’a / aurrod yang khusus,
tersasuk aurod khusus untuk memdapatkan Ilmu yang bermanfa’at lagi
barokah. Ilmu yang manfa’at ialah ilmu yang dapat diamalkan sendiri (
dirinya dapat beribadah billah sesuai dengan ilmu yang diperolahnya,
sebab fadlol dan rhmat Allah s.w.t ). Sedang ilmu yang barokah ialah
ilmu yang sudah dapat ditularkan kepada orang lain, baik melalui
pendidikan dan pengajaran maupun nasehat, baik secara langsung maupun
tidak langsung ( melalui tulisan dalam buku / kitab yang disusun,
digandakan dan dibaca oleh orang lain ). Selain belajar ilmu-ilmu
tersebut beliau sempat belajar bagaimana cara mengajar yang baik ( guru
yang berhasil ) dan bagaimana menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran
sistem klasikal ( madrasah ) saat beliau mondok di Termas, Pacitan.
Sebelum beliau di Termas, sepulang dari pondok Sarang beliau bersama
kakaknya, yaitu Syeikh K.H. Utsman bin Abdurrohman sempat belajar dagang
pakaian jadi di pasar Mranggen,selama satu tahun, atas perintah orang
tuanya agar merasakan bagaimana susahnya orang bekerja mencari rejeki (
dalam setahun kerja, teryata tidak laba dan tidak rugi ) setelah itu
beliau berangkat ke Terma memenuhi perintah Syeikh K. H. Maksum Lalem
sekalian ingin menambah ilmu dan pengalaman.
III. PERJUANGAN
Syeikh K.H. Muslih Abdurrohman selain berjuangan demi terwujudnya suatu pribadi yang baik serta menjadi ulama pejuang islami, ternyata beliau juga berjuang fisabilillah di sisi yang lain, yaitu :
1. Menjadi pengasuh pendidikan pesantren, termasuk Pengajian dan Bai’at Thoriqoh Qodiriyyah wa Naqsyabandiyyah .
2. Mendirikan / menyelenggarakan Pendidikan Masdrasah/ Sekolah Futuhiyyah
3. Menjadi Pengasuh Utama Pon-Pes Futuhiyyah
4. Memperluas lokasi / Areal Pondok Pesantren
5. Merehab dan membangun Prasarana Pondok Pesantren, termasuk membangun Masjid An-Nur dikonplek Pon-Pes Futuhiyyah.
6. Menjadi Anggota Pengurus G.P Ansor Mranggen dan Lasykar Hizbullah Mranggen
7. Menjadi Pengurus Jam’iyyah N.U
8. Menjadi Komandan Barisan Sabilillah, sektor Semarang Timur.
9. Ikut Mendirikan dan menjadi pengurus Jam’iyyah Thoriqoh Mu’tabaroh Indonesia.
10. Mendirikan dan menjadi Pengurus Jam’iyyah Thoriqoh Nahdiyyah
11. Mendirikan Madrasah Aliyah Persiapan F.H.I UNNU Mranggen
12. Mendirikan F.H.I UNNU Fikal Surakarta di Mranggen
13. Mendirikan atau menyelenggarakan Madrasah dan Sekolah Formal.
IV. MENJADI PENGASUH PON-PES FUTUHIYYAH
Sebelum Syeikh K.H. Muslih mondok kembali di Pondok Pesantren Termas, beliau sempat mukim dirumah yaitu Suburan Mranggen kira-kira pada tahun 1931 Masehi selama satu tahun, setelah kembali dari mondok di Pondok Pesantren Sarang.
Sebelum Syeikh K.H. Muslih mondok kembali di Pondok Pesantren Termas, beliau sempat mukim dirumah yaitu Suburan Mranggen kira-kira pada tahun 1931 Masehi selama satu tahun, setelah kembali dari mondok di Pondok Pesantren Sarang.
Pondok
Pesantren yang telah direhabilitasi pada tahun 1927 Masehi, atas
perintah Syeikh K.H. Abdurrohman, telah berhasil menampung puluhan
santri, namun aktifitas Madrasah tersebut menjadi berhenti, setelah
diminta oleh N.U cabang Mranggen .
Akhirnya Syeikh K.H. Muslih berusaha mendirikan kembali Madrasah Diniyyah Awaliyyah Futuhiyyah di konplek Pon-Pes Futuhiyyah dengan tikat tidak boleh diminta oleh N.U lagi. Jika N.U ingin mengelola Madrasah lagi supaya mendirikan sendiri.
Selang beberapa waktu, Pon-Pes Futuhiyyah mendirikan Madrasah dua kali pada tahun 1927 dan 1929 Masehi. Selama dua kali mendirikan, dua kali pula diminta oleh N.U. Cabang Mranggen dengan cara Bedol Madrasah, Murid dan Gurunya di pindah tempat, yang kemudian dikelola oleh N.U Cabang Mranggen dan dua Kali pula terhenti.
Setelah
Madrasah yang didirikan oleh Syeikh K.H. Muslih berjalan lancar, satu
tahun kemudian diserahkan oleh adik beliau, yaitu Syeikh K.H. Murodi
setelah mukim kembali dari mondok di Lasem dan para gurunya, dengan
pesan agar tak boleh dipindah lagi, karena beliau akan Mondok lagi ke
Termas.
N.U. cabang Mranggen, akhirnya mendirikan sendiri Madrasah Diniyyah Awaliyyah dan dapat hidup hingga sekarang, di Kauman Mranggen, yang dikenal kemudian dengan nama Madrasah Ishlahiyyah.
Syeikh
K.H. Muslih saat datang di Termas, langsung diminta oleh Syeikh K.H. Ali
Maksum (Krapyak Yogya), selaku kepala Madrasah di Termas saat itu,
untuk mengajar kelas di ajar oleh Syeikh K.H. Ali Maksum (kelas Alfiyyah
Ibnu Malik). Semula Syeikh K.H. Muslih menolak, dengan alasan belum
mampu mengajar Alfiyyah. Beliau tetap dipaksa dan dibujuk dengan
kata-kata nanti saya ajari oleh Syeikh K.H. Ali Maksum. Setelah itu,
Beliau akhirnya bersedia. Namun Ternyata Syeikh K.H. Ali Maksum hanya
sekali mengajar Syeikh K.H. Muslih sebagai persiapan mengajar Alfiyyah,
yaitu pada malam sebelum esok harinya mengajar, laalu beliau menghilang.
Dengan
berat hati Syeikh K. H. Muslih mengajar dikelas yang ditinggalkan Syeikh
K.H . Ali Maksum. Dan kira-kira setengah bulan kemudian, Syeikh K.H.
Ali Maksum Baru muncul dan bertanya kepada murid – murid kelas tersebut,
bagaimana hasil kerja Ustadt baru, murid-murid menjawab baik dan puas,
setelah itu Syeikh K.H. Muslih di tetapkan guru kelas tersebut.
Suka duka
Syeikh K.H. Muslih tidak menghalangi untuk berenovasi menjadi guru yang
baik dan ini terbukti saat dimana santri-santri senior yang ada di
Termas tidak disuruh mengajar, justru santri barunya yang disuruh
mengajar, yaitu Syeikh K.H. Muslih, maka oleh santri-santri senior
tersebut, kursi tempat duduknya di rawe ( diberi bulu buah rawe agar
gatal-gatal, hingga tidak jadi mengajar ). Dengan berbekal Ilmu yang
lebih luas dan pengalaman selama menjadi guru madrasah Tsanawiyyah di
Termas itulah akhirnya Syeikh K.H. Muslih pulang dan mukim kembali di
Suburan Mranggen kira-kira pada tahun 1935 Masehi, dengan tekad akan
mengembangkan pondok pesantren Futuhiyyah Suburan Mranggen. Dan
Al-Hamdulillah pada tahun 1936 Masehi berdirilah Madrasah Ibtida’iyyah
yang bukan M.I, karana pelajarannya sudah setingkat dengan Madrasah
Wustho dan Madrasah Tsanawiyyah yang diselenggarakan pada pagi hari.
Mengenai
bagaimana tekhnis pengumuman P.M.B yang dilakukan saat itu, sementara
saat itu tidak ada radio, tidak ada stensil, tidak ada mesin tulis
apalagi fotocopy, tetapi yang jelas, madrasah tersebut penuh dengan
murid dan pondoknya semakin banyak jenis santri mukimnya, baik yang
berasal dari desa-desa wilayah kecamatan Mranggen dan sekitarnya hingga
Gubug-Purwodadi, hal ini terjadi karena tersiarnya berita bahwa di
pondok Suburan Mranggen telah muncul Kiai yang alim.
Sesudah
tahun 1950 Masehi pon-pes Futuhiyyah semakin berkembang santri mukimnya
semakin bertambah ( antara 300 – 400 orang ), di samping santri lajo
yang masih belajar di madrasah maupun sambil mengaji wetinan, berikut
datangnya santri pengajian thoriqoh yang dibuka mulai tahun 1950 Masehi.
Adapun penyebabnya adalah bervariatif, mungkin Syeikh K.H. Muslih
dikenal sebagai Kiai yang enak ngajinya, atau karena adanya aktivitas
da’wah dari para mubalighin, termasuk Syeikh K.H. Abdul Hadi yang malang
melintang berda’wah seantero Jawa Tengah,dan sebagainya.
Singkatnya,
apa yang telah terwujud itu adalah fadlol dan rohmat Allah s.w.t. yang
harus diyakini berkat syafa’at ahli silsilah Ilmu Islami aurod mujahadah
dan riyadloh, termasuk dzikir thoriqoh, khususnya Syeikh K.H. Ibrohim.
Yahya Brumbung, Syeikh K.H. Abdurrohman wa ushulih, Syeikh K.H. Hadi
Giri Kusumo, Syeikh Abu Mi’roj Sapen, serta para auliya’-syuhada’ tanah
Jawa hingga Walisembilan dan K.S. Fatah beserta pengikutnya, Syeikh
Abdul Qodir Al0Jaelani r.a dan ahli silsilahnya hingga Rasulullah s.a.w.
Syeikh
K.H. Muslih Abdurrohman selaku pimpinan / pengasuh pon-pes Futuhiyyah
harus berjuang pula mencukupi kebutuhan Prasarana dan Sarana pondok
pesanten termasuk keperluan dalam menyelenggarakan madrasah, seiring
pribadi beliau menggerakkan pulapartisipasi aktif dalam pembangunan
pondok pesantren futuhiyyah baik dari santrinya, para wali santri maupun
masyarakat baik dalam bentuk sumbangan tenaga, material maupun uang.
Adapun sumber – sumber yang lain berasal dari sumbangan pemerintah.
Pada masa
hidup beliau, partisipasi santri besar sekali dalam pembangunan pondok
pesantren Futuhiyyah, sebagai pengalaman ilmu, ikut andil dalam
jariyyah, bersatu dan bergotong royng secara ikhlas merealisasi program
pembangunan sekaligus nyadong berkah dari Allah s.w.t. Untukkeperluan
hidupnya di dunia dan akhirat kelak
Sumber : http://pondoktremas.com/